photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Herti Kitchen Gallery > Donat Singkong/Kentang
previous | next
Donat Singkong/Kentang
05-MAR-2007

Donat Singkong/Kentang

Biasanya saya kalo bikin donat pake kentang.
Kali ini coba pake singkong, karena kebetulan ada singkong nganggur, mau diapa2in kok tanggung soalnya cuma sedikit.
Biar dapat hasil singkong yg benar2 halus, setelah singkongnya dikukus dan dihaluskan, trus disaring dgn tambahan sedikit air.
Airnya gak perlu banyak2, cukup sampai singkongnya bisa keluar dari saringannya aja.
Kebetulan saya punya mixer gede, jadi semuanya tinggal cemplang cemplung aja.
Cobain bikin deh, hasilnya empuk jg, sama kyk kita bikin donat kentang.

Bahan A:
500 gr tepung terigu (high protein)
1 bks fermipan/instant yeast
75 gr gula halus
50-75 gr susu bubuk

Bahan B:
175-200 gr singkong/kentang, kukus, haluskan,dinginkan

Bahan C:
2 btr telur, ukuran besar
100 ml air dingin

Bahan D:
75 gr mentega unsalted
1/2 sdt garam

Cara membuat:
Campur bahan A hingga rata.
Tambahkan bhn B, aduk rata kembali.
Masukkan bahan C, aduk hingga adonan 1/2 kalis.
Masukkan bahan D, aduk hingga benar2 kalis.
(Tanda kalis: Adonan tdk lengket dan bisa ditarik hingga tipis tranparant)
Bulatkan adonan dlm wadah yg ditutup, kemudian diamkan sampai mengembang 2x.
Bentuk adonan, kemudian diamkan kembali sampai cukup mengembang.
Goreng sampai matang.
Taburi atasnya dgn gula halus.

Note:
Di indonesia, saya biasa menggunakan tepung Cakra.
Di Qatar, saya mengunakan bread flour dan all purpose merk Patent dgn perbandingan 1:1

Penggunaan air tdk perlu semua.
Tuang kira2 75 ml dl, bila adonan masih terlalu kering tambahkan air sedikit2 pada saat proses pengadukan mentega.

Panasonic DMC-FZ10
1/60s f/2.8 at 9.7mm iso150 full exif

other sizes: small medium large
comment | share