photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Herti Kitchen Gallery > Ayam Bakar Pedas Manis
previous | next
Ayam Bakar Pedas Manis
10-JAN-2007

Ayam Bakar Pedas Manis

Hmmmm.....kalau memasaknya dengan hati, penuh cinta..ayam bakar ini pasti enak deh rasanya!
Waktu pertama kali bikin, terburu2...akhirnya gak karuan rasanya.
Nah hari ini saya coba bikin lagi, pelan2...dihayati...hasilnya jauh lebih enak

Saya pake ayam negri yg sudah saya buang kulit dan lemaknya.
Trus supaya bumbunya meresap, ayamnya diungkeb dengan api kecil selama kurang lebih 1 jam.
Saya tidak menambahkan air kedlmnya, karena ayam itu sendiri akan mengeluarkan air.
Oh ya, bumbu olesannya jg enak, jadi selain buat ngolesin ayam bakar, bisa juga dicocol sama nasinya.

Nah buat yg suka ayam bakar, coba bikin deh....
Gak akan nyesel! Apalagi kalau bikinnya sambil dihayati.
Psst...katanya ayam bakar ini rasanya kayak ayam bakar Gathari yg terkenal di Jakarta itu lho.

Bahan:
1 ekor ayam (kira2 800 gram), potong2 sesuai selera
1 lbr daun salam
1 btg serai, geprek

Bumbu halus:
8 bawang merah
4 bawang putih
1 sdt merica
1 sdt garam
3-4 sdt gula merah
1 sdm air asam jawa

Bumbu olesan:
3 cabe merah
3 bawang putih
1/2 sdt garam
1 sdm gula merah
1 sdm kecap manis
200 ml air
minyak goreng secukupnya, utk menumis

Cara membuat:
Rendam ayam dgn air jeruk selama beberapa saat, kemudian cuci dan tiriskan.
Ungkeb ayam dgn bumbu halus, daun salam dan serai selama kurleb 1 jam (sampai airnya menyusut).
Sementara itu, haluskan cabe merah, bawang putih dan garam (bumbu olesan).
Kemudian tumis hingga harum, tambahkan gula merah, kecap manis dan air.
Masak sampai matang, kemudian angkat.
Panggang ayam sambil diolesi bumbu olesan sampai kecoklatan.
Hidangkan hangat bersama lalapan dan sambal terasi/tomat.

Sumber resep & inspirasi:
Link: http://andrieanne.blogspot.com/


Panasonic DMC-FZ10
1/15s f/2.8 at 6.0mm iso200 full exif

other sizes: small medium large
comment | share
lita 05-Jan-2011 09:13
mbak, kok kulihat foto resep ini sama dengan yang ada di "inforesep.com" sih? Tapi resepnya sih beda dikit.
andy 14-Sep-2010 19:15
mbak??? mantappppppp!!!!
dah coba... i Love it...I Love it
thank's berat.