photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Herti Kitchen Gallery > Sambel Goreng Krecek
previous | next
Sambel Goreng Krecek
19-FEB-2009

Sambel Goreng Krecek

Saya suka sambel goreng krecek yg isiannya gak melulu krecek,
tapi ada tempe dan kacang tolo nya...
Sayang, dl saya gak pernah memperhatikan kacang tolo tuh kyk apa sih, tahunya cuma pas makannya aja.
Jadi pas tinggal di Qatar, saya kehilangan jejak utk menemukannya.
Ada yg tahu kyk apa sih mentahnya? Pleassse... let me know

Bahan:
Krecek yg sdh digoreng matang, secukupnya
Tempe, dipotong2, goreng sebentar, secukupnya
Cabe rawit utuh, secukupnya
Daun salam
Lengkuas, geprek
300 ml kaldu daging
450 ml santan

Bumbu halus:
5 bawang merah
2 bawang putih
5 cabe merah
1/2 sdt terasi matang

Garam
Gula merah

Cara membuat
Tumis bumbu halus bersama daun salam & lengkuas hingga harum.
Tuang kaldu, masak dgn api kecil slm bbrp saat.
Tambahkan santan dan tempe. Masak kembali hingga mendidih sambil diaduk2.
Masukkan cabe rawit, masak sampai agak layu.
Tambahkan garam, gula merah, cicipi rasanya.
Terakhir masukkan krecek, masak sbntr. Angkat.

Krecek:
sejenis kerupuk kulit (sapi). Utk membuat sambel goreng krecek, kerupuk kulitnya berbeda dgn kerupuk kulit bt makan. Biasanya kerupuk kulit utk sambel grg krecek lbh tebal sehingga wkt dimasak tdk hancur.

Panasonic DMC-FZ10
1/60s f/2.8 at 6.0mm iso100 full exif

other sizes: small medium large
comment | share
fakhrun 13-Nov-2010 14:37
seep... terima kasih resepnya Mba' Herti,,, krecek barusan dapet di katindo dan kacang tolonya dpt di C4 adzuki beans di deretan produk organic
Nedju 05-Mar-2010 04:20
Mbak Herty, kalau tidak salah kacang tolo yang dimaksut apa yang disebut linse, bentuknya kecil agak gepeng seperti lens.
Fetty 19-Jul-2009 00:41
Teh Herti udah ketemu blom kacang tolonya? Kebetulan kacang tolo saya lg habis. Cuma kalo nyari di Asian Store pasti ketemu. Wujudnya seperti kidney bean cuma kecil2.
IrenK 30-Apr-2009 05:07
Maaf, saya penggemar krecek, dan mau coba masak sendiri tetapi :
Krecek itu apa ya (taunya makan doang)?
itu krecek mentah atau sudah matang?
Cara mendapatkannya dimana (beli dimana)?
Kalau datang ke penjual, langsung tanya krecek, apa mereka sudah tahu?
Terima kasih, ditunggu balasannya.