photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Herti Kitchen Gallery > Ayam Panggang Bumbu Rujak
previous | next
Ayam Panggang Bumbu Rujak
28-MAY-2006

Ayam Panggang Bumbu Rujak

Ayam ini cocok buat temannya nasi gurih (nasi uduk).
Buat bumbu sedikit lebih banyak,
biar bisa dicolek2 sama nasinya.

Bahan:
1 ekor ayam (700 gr), potong2
2 lbr daun salam
1 cm lengkuas, geprek
5 lbr daun jeruk, iris
2 btg serai, geprek
400-500 ml santan kental
3 sdm minyak, untuk menumis

Bumbu halus:
100 gr cabe merah (kira2 12 sdt cabe halus)
10 bawang merah
4 bawang putih
6 kemiri
2 cm jahe
2 cm kunyit
1/2 sdt terasi matang
1 1/2 sdt garam
2 sdt gula merah
1 sdt asam jawa, larutkan dgn air

Cara membuat:
Rendam ayam dalam air jeruk beberapa saat.
Cuci kembali ayam, tiriskan.
Tumis bumbu halus bersama daun salam, lengkuas, serai dan daun jeruk hingga harum.
Masukkan ayam, aduk hingga berubah warna.
Tuang santan kedalamnya.
Didihkan sambil sesekali diaduk agar tidak pecah.
Masak dengan api sedang sampai santan mengental dan berminyak.
Kemudian panggang ayam atau masukkan sebentar ke dalam oven,
sampai bumbunya agak mengering.

Note:
Saya sering menambahkan telur rebus kedalamnya.
Masukkan telur pada saat santan sudah mendidih.



Panasonic DMC-FZ10
1/60s f/2.8 at 8.5mm iso75 full exif

other sizes: small medium large
comment | share
YUSUF WIBISONO 06-Jan-2012 06:20
SYUKKRON ATAS INFO NYA....! MANTAAAAAB....MAKYUUUUUUUUS...!
andre 25-Jun-2011 13:05
waduh enak tenan, gambarnya itu loh kok bikin ngiler ya..lagi nyari resep buat bantu saudara di kampung mau buka depot makanan..pas bener dg yg dicari.
thanks for share. Andre New Zealand
franny 07-May-2011 06:09
aku udah cobaaa...

enaaaaakk bangeeettttt

makasi ya mbaaa xoxo :D
lia 06-Apr-2011 08:06
emmm rasacx ueanak n mantap lagiii
Ajeng 20-Apr-2010 06:34
Wuihh.. yang ini nie, bakal tak coba
beuhh.. ayam bumbu rujak menu keluarga arisan.
Adfiz 29-Jun-2009 09:40
Wah.. Pasti Uenak Banget, Apalagi masih hangat.. Mmm.... Jadi Ngiler.
triastuti 03-Jun-2009 18:06
terimakasih resep ayam bumbu rujaknya, rasanya lezat, membuatnya mudah. Resepnya boleh dicopy pula..:)). Mengobati kerinduan kami akan masakan Indonesia, maklum kami perantauan di Italia
Hany 22-Mar-2009 21:57
Mbak, ngopi yang ini ya (ngopi lagi, ngopi lagi) ... thanks
indonesiaeats13-Mar-2009 01:44
mbak makasih resepnya udah aku coba dan aku posting bs diliat di
http://indonesia-eats.blogspot.com/2009/03/ayam-bakar-bumbu-rujak.html
shinta 08-Mar-2009 04:37
mba thx ya dah sharing resepnya,
duh uenakkk bgt.
Yuika tambusai 26-May-2008 08:45
Mbak ayam pangag bumbu rujak nya kok gak ada bumbu rujak nya kyk cabe rawit, kacang goreng,petis dll?