photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Type your message and click Add Comment
It is best to login or register first but you may post as a guest.
Enter an optional name and contact email address. Name
Name Email
help private comment
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Herti Kitchen Gallery > Ikan Tauco Pedas
previous | next
Ikan Tauco Pedas
28-APR-2008

Ikan Tauco Pedas

Tahun lalu waktu mudik ke indonesia, saya makan ikan bakar dgn siraman sambel tauco.
Sayangnya sambel tauconya manis banget, gak sesuai dgn kita yg doyan pedes2.
Siang ini coba bikin ah.....udah kebayang pokoknya mesti pedessss dan segerrr.
Bumbunya mesti banyak biar bisa dicocol sama nasi anget.

Kebetulan nih lagi punya kakap merah yg kecil2, segede telapak tangan lah.
Oh iya, kalau ada tauco nya pake tauco cianjur deh...
Pokoknya tauco yg butiran kedelainya masih kelihatan fresh dan rasanya juga gak terlalu asin

Bahan:
6 ekor kakap merah, bersihkan

Bumbu:
10 cabe merah (haluskan)
6 bawang merah, iris
4 bawang putih, iris
1/2 bh tomat , potong kecil2
Bawang daun, iris halus, secukupnya
2 cm lengkuas
3 lbr daun salam (biar wangi)
2 sdm tauco cianjur

Cara membuat:
Lumuri ikan dgn air jeruk dan garam. Biarkan bbrp saat.
Goreng ikan hingga matang. Sisihkan.
Ambil sedikit minyak bekas menggoreng ikan, tumis bawang merah, bawang putih, lengkuas dan salam hingga harum.
Masukkan cabe merah, tumis kembali hingga matang.
Tambahkan air panas secukupnya, masukkan tauco, bawang daun dan tomat.
Bila perlu, tambahkan sedikit garam dan gula pasir.
Masak dgn api kecil.
Setelah cukup kekentalannya masukkan ikan goreng, aduk sebentar agar meresap.
Angkat.
Teman makannya gak perlu macem2, cukup nasi anget plus sayuran rebus, nikmattt......

Panasonic DMC-FZ10
1/60s f/2.8 at 11.0mm iso200 full exif

other sizes: small medium large
comment | share
Galuh 18-Dec-2009 16:33
waduh mbak ngeliat foto2nya langsung ngeces nih...ada resepnya juga lagi ! langsung deh saya bookmark..Thanks ya mbak, tambah terus ya resepnya.
Galuh-Normandie