photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Galleries >> "Surga yg Tercecer" Kawah Putih, Ciwidey, Bandung > Sisa Jaman Kejayaan Kuda Gigit Besi - Bandung - Ciwidey
previous | next
24-SEP-2006

Sisa Jaman Kejayaan Kuda Gigit Besi - Bandung - Ciwidey

KERETA api rute Bandung-Ciwidey merupakan jasa angkutan massal pertama yang pernah ada di kawasan Bandung Selatan. Kereta ini berfungsi untuk mengangkut barang-barang komiditas perkebunan. Jalur ini dimulai dari Stasion Cikudapateuh, Pasar Kordon Buahbatu, Pameungpeuk, Banjaran, Soreang, dan berakhir di Ciwidey.

Jalur ini ditutup pemakaiannya tahun 1975

Menurut buku Wajah Bandoeng Tempo Doeloe, jalur ini dibangun dua tahap. Pada 1918 Bandung-Kopo dan diteruskan ke Ciwidey pada 1921 oleh Perusahaan Kereta Api Negara (Staats Spoorwegen/SS).

Jalur ini dipakai sbg moda transportasi hasil produksi perkebunan Wilayah Priangan, yang kala itu menjadi barang komoditas ekspor yang laku keras di pasaran dunia. Selain itu sebagai sarana pendukung dalam rencana pemekaran wilayah Gemeente Bandung di tahun 1919.

Dengan mundurnya permintaan hasil perkebunan Priangan di pasaran dunia, sedikit demi sedikit jalur KA itu mati angin.

Apalagi setelah kendaraan bermotor truk yang lebih fleksibel mengangkut muatan door to door mulai beroperasi di kawasan Bandung, fungsi KA cuma jadi alat angkutan penumpang. Karena kurang menguntungkan, akhirnya jalur ini dinonaktifkan pada 1975.

Kejayaan si Kuda Besi di Jalur Selatan tinggal bekasnya saja. Yang sering terlihat adalah jembatan di Dayeuhkolot, Statisun Banjaran, dan jalur rel yang sisi kanan-kirinya telah berdiri bangunan permanen serta permukiman kumuh.

Di jalur antara Banjaran dan Soreang pun, yang terlihat hanya onggokan rel tua yang tidak terurus dan beberapa jembatan melintasi sungai kecil yang sudah karatan, seperti tampak dlm gambar ini.

Saya dengar ada upaya2 utk menghidupkan lagi jalur ini. Kayaknya cukup menarik, krn pemandangan kiri kanannya yg enak utk dilihat.

Sony Cyber-shot Viewer

other sizes: small medium large auto
comment | share
Guest 15-Aug-2012 06:45
ssuatu yg brkharisma pesona alamnya
lim_morrisson 29-Jun-2010 04:11
wahh, udah puluhan/ratusan taun lalu tapi ampe skarang masih kuat & kokoh ni jembatan buatan belanda..
Guest 12-Aug-2009 08:18
kalau ke ciwidey naik kereta api, pasti akan banyak pemandangan yang bisa dilihat. Tapi kok jalur itu malah dimatikan ya ? Coba diaktifkan lagi jalur itu pasti gak bakan rugi deh PT KAI(kan bisa untuk pengembangan pariwisata).
Guest 16-Jun-2009 09:27
wow... lokasi dekat mana ini kalau boleh tahu. :D