photo sharing and upload picture albums photo forums search pictures popular photos photography help login
Archiaston Musamma Family | all galleries >> Herti Kitchen Gallery > Ikan Cobek
previous | next
Ikan Cobek
08-MAY-2006

Ikan Cobek

Lagi seneng "penyet2an" nih...
Satu lagi makan khas sunda yang paling enak dimakan dengan nasi hangat.
Paling pas pake ikan gurame, tapi ikan lain pun gak kalah enak kok, ikan mas, nila, lele, apa aja deh.
Ikannya bisa digoreng atau dibakar.
Dinamakan ikan cobek, karena ikannya ditaruh di atas cobek yang berisi sambel, kemudian sedikit dipenyet2, biar bumbunya nempel dan meresap ke ikan.
Yang khas dari sambelnya ini adalah rasa pedas dengan aroma bawang putih, jahe dan kencur yang cukup menyengat.
Saya suka menaburkan kemangi diatasnya,hmm..aroma yang benar2 menggugah selera!

Bahan:
500 gr ikan
jeruk nipis, ambil airnya
garam

Bumbu, ulek:
1-2 sng bawang putih, goreng
1 cm jahe
3 cm kencur
1 cabe keriting
4 cabe rawit
1/2 sdt terasi
3/4 sdt garam
1 1/2 sdt gula pasir
50 ml air
(saya mencampurnya dengan sedikit air jeruk nipis/limo)

Cara membuat:
Lumuri ikan dengan air jeruk dan garam, biarkan beberapa saat.
Kemudian goreng atau bakar.
Taruh ikan diatas sambel yang sudah diulek, penyet2 agar bumbu menempel pada ikan.
Hidangakan di atas cobeknya langsung, biar lebih sedap...

Sumber: Emma Isti, NCC

Note:
Bawang putih, jahe dan cabe bisa dibakar terlebih dahulu.

Panasonic DMC-FZ10
1/60s f/2.8 at 6.0mm iso200 full exif

other sizes: small medium large
comment | share
Euis 19-Jun-2009 02:15
Oh mba membuat saya lapar dech. Sayang disini saya tak bisa nemuin kencur. Duch kangen banget dengan masakan urang sunda; cobek, urab pencok kacang panjang.